Pada 2030, Anies Akan Bangun Jalur Sepeda di DKI Sepanjang 578,8 Km

Eramuslim.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun 578,8 kilometer jalur sepeda di wilayahnnya. Pembangunan jalur sepeda tersebut ditargetkan rampung pada 2030.

“Pemprov DKI Jakarta merencanakan pada 2030 terbangun 578,8 kilometer jalur sepeda di Jakarta,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui akun media sosialnya, Sabtu (27/2).

Pada tahun ini, lanjut Anies, pihaknya menargetkan pembangunan 101,2 kilometer jalur sepeda selesai. Ratusan kilometer itu terdiri dari 34,1 kilometer jalur sepeda terproteksi dan 67,1 kilometer tak terproteksi atau sharing.

“Untuk 2021 ini, kita menargetkan terbangun 101,2 km jalur sepeda,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga menyinggung jalur sepeda terproteksi di Sudirman-Thamrin. Dia menyebut, jalur sepanjang 11,2 kilometer dengan lebar 2 meter ini direncanakan rampung akhir Maret 2021. Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas bike rack sebagai rest area pesepeda.

“Semoga dengan adanya jalur sepeda terproteksi ini makin meningkatkan minat dan kenyamanan warga Jakarta untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Khusus Sabtu-Minggu direncanakan akan ada lajur sepeda temporer tambahan selain anpermanen,” ucap dia.[merdeka]