Paduan Suara Non Muslim Nyanyi di Masjid Istiqlal, Wagub DKI Minta Maaf

Paduan suara bernyanyi di dalam Masjid Istiqlal. (Tangkapan layar)

eramuslim.com – Sempat beredar video paduan suara dari Jakarta Youth Choir (JYC) yang digelar di dalam Masjid Istiqlal membuat geram publik. Video itu, diunggah oleh akun Instagram milik Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Video itu diprotes keras oleh netizen. Sebab beberapa paduan suara itu diduga merupakan non muslim. Mereka menyanyikan Asmaul Husna. Setelah diprotes netizen, Wagub akhirnya minta maaf.

“Kami atas nama Pemprov DKI memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh warga, khususnya umat Islam, yang merasa tidak nyaman dengan keberadaan video lagu Lebaran dan lagu Asmaul Husna di luar dan di dalam Masjid Istiqlal,” kata Riza, seperti dilihat dalam videonya, di kanal YouTube Selasa (18//5).

Dia mengatakan, kritik dan masukan publik akan menjadi pelajaran bagi pihaknya agar lebih berhati-hati.

“Ini menjadi pelajaran berharga bagi kami, agar lebih berhati hati. Terima kasih atas saran dan masukannya kepada kami selama ini. Perlu kami sampaikan bahwa video tersebut adalah karya Jakarta Youth Choir (JYC) sebuah paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov DKI Jakarta,” ucapnya.

Riza menerangkan anggota dari JYC itu menyanyikan lagi Asmaul Husna dan lagu lebaran karya almarhum Ismail Marzuki. Paduan suara di dalam Masjid Istiqlal, kata Riza merupakan usul dari JYC.

“Video ini di-posting di akun resmi Pemprov DKI Jakarta nama akunnya @dkijakarta. Namun bukan atas perintah Gubernur maupun Wakil Gubernur sebagaimana pemberitaan yang beredar,” kata Riza.

Riza mengakui sempat mengunggah ulang video tersebut di akun Instagram-nya @arizaPatria, namun kemudian dihapusnya.

“Tidak ada maksud apapun dari adik-adik kita di JYC dalam pembuatan video tersebut selain untuk turut menyemarakkan kegembiraan suasana Lebaran dengan semangat Jakarta sebagai kota kolaborasi,” katanya.