Pakar Siber Ungkap Sumber Data Denny Siregar yang Disebar di Medsos

Eramuslim.com – Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya menduga data pribadi penggiat media sosial Denny Zulfikar Siregar yang diunggah akun @Opposite6891 merupakan data operator telekomunikasi.

Menurut Alfons, ada berbagai cara untuk mendapatkan data tersebut.

“Logikanya datanya adalah data provider, tetapi bagaimana bocornya itu yang harus dianalisa dan menjadi pertanyaan menarik,” ujar Alfons, Senin (6/7).

Alfons menuturkan data yang dimiliki akun @Opposite6891 belum tentu hasil peretasan. Dia mengatakan data tersebut kemungkinan didapatkan dan disebarkan dengan tidak sah.

Menyikapi situasi ini, dijelaskan Alfons, fenomena keamanan data di Indonesia sangat menyedihkan. Dia melihat punya beberapa masalah dengan keamanan data.

Diyakini Alfons, ia melihat banyak kemungkinan data konsumen operator telekomunikasi dimiliki pihak lain. Sehingga, dia mengatakan operator tidak bisa langsung disalahkan dalam kasus Denny.

“Operator memang benar pemilik data, tetapi yang bisa mengakses datanya bukan hanya operator saja. Ada banyak layanan tambahan yang kemungkinan memiliki akses terhadap data operator ini,” ujarnya.