Panglima TNI Minta Warga Kalau Merasa ‘Greges’ Badannya Lapor Puskesmas

Eramuslim.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak masyarakat mulai melakukan kebiasaan baru dalam menghadapi COVID-19. Salah satunya dengan langsung pergi ke Puskesmas bila badan merasa tidak enak.
“Dulu kalau kita masuk angin yang kita lakukan adalah kerokan. Nah sekarang kebiasaan baru kita begitu badan kita terasa greges maka yang kita lakukan adalah segera ke Puskesmas untuk diperiksa dan bila kita dinyatakan positif harus melaksanakan Isolasi Terpusat atau Isoman,” ujar Hadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/8/2021).

Hal ini disampaikan Hadi saat melakukan peninjauan di Puskesmas Polowijen Kota Malang, Jawa Timur. Dia juga mengimbau agar masyarakat tetap mengunakan masker dan patuh protokol kesehatan.

“Masker cukup ampuh untuk melindungi diri dari paparan Covid-19, oleh sebab itu saya menghimbau masyarakat untuk semangat untuk menggunakan masker, karena 95 persen kita akan terlindungi kalau menggunakan masker,” tuturnya.

Dia menyampaikan bahwa jika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19, para Babinsa sebagai tenaga Tracer harus segera melakukan tracing. Tracing dilakukan kepada 15 orang terdekat yang melakukan kontak dan melaksanakan swab antigen, kemudian lakukan isolasi mandiri selama 5 hari.