Pedang Rasulullah ﷺ Ada di Jakarta, Yuuk Kita Sempatkan Waktu Melihat

Eramuslim – Benda-benda peninggalan Rasulullah ﷺ selalu menjadi magnet penarik umat Islam. Beberapa diantaranya kini tersimpan rapih di musem Topkapi, Turki. Salah satunya adalah pedang Al Ma’thur.

Jika kita belum sepat berkunjung ke Turki, mampirlah ke Masid Cut Meutia, Jakarta Pusat. Saat ini sedang dipamerkan replika benda-benda bersejarah peninggalan Rasulullah SAW berserta keluarga dan sahabat. Benda-benda yang dipamerkan sarat nilai sejarah dan pameran berlangsung sampai Minggu, 22 April 2018.

Ketua penyelenggara event pameran Sejarah Islam goes to Mosque and School, Qalam Gladi, menjelaskan bahwa pedang Ma’thur adalah pedang peninggalan Rasulullah yang asli terbuat dari emas, tetapi benda replika terbuat dari kuningan.

“Bentuknya berupa kepala ular dengan dihiasi batu-batu hiasan berupa delima dan pinus yang berbentuk seperti bunga-bunga. Pedang ini bermata dua dan ujungnya runcing dapat digunakan untuk menikam,” jelasnya kepada Okezone.

Al Ma’thur adalah pedang milik Rasulullah ﷺ sejak beliau masih muda, sebelum menerima wahyu pertama di gua Hira, Makkah.

Di bagian yang dekat dengan gagangnya terdapat sedikit emas dan tulisan kaligrafi al-Kufi yang berbunyi ‘Abdullah bin Abdul Muthalib, yaitu ayahanda Rasulullah ﷺ.