Peluang Jokowi Maju Cawapres 2024, Prabowo Subianto Angkat Suara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendatangi Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Rabu (14/9). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Eramuslim.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto angkat bicara soal kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024 mendatang. Sebagai wacana, dirinya menghormati kemungkinan tersebut.

“Semua kemungkinan kita hormati. Ada saja,” kata Prabowo di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Isu Jokowi menjadi cawapres sempat mengemuka ke publik setelah juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menyebutkan bahwa presiden dua periode tidak dilarang untuk maju menjadi Cawapres pada Pilpres selanjutnya.

Pernyataan tersebut tak bisa dimungkiri menimbulkan polemik. Bahkan, MK juga telah memberikan klarifikasi bahwa pernyataan Fajar Laksono tidak mewakili pandangan institusi MK. Presiden Jokowi juga telah merespons terkait muncul wacana dirinya bisa maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Jokowi menyampaikan, sudah banyak memberikan penjelasan terkait isu presiden tiga periode dan perpanjangan masa jabatan presiden. Karena itu, Jokowi menegaskan isu-isu itu bukan berasal dari dirinya. “Sejak awal saya sampaikan, bahwa ini yang menyampaikan bukan saya,” tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/9). “Urusan tiga periode sudah saya jawab. Begitu saya jawab, muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga sudah saya jawab,” imbuhnya.

Terkait dengan wacana calon wakil presiden (cawapres), Jokowi kembali menegaskan isu itu juga bukan darinya. Namun, kali ini dia tak mau lagi memberi penjelasan. “Ini muncul lagi jadi wapres, itu dari siapa? Kalau dari saya, saya terangkan. Kalau ndak dari saya, saya enggak mau terangkan,” demikian Jokowi menandaskan. (FAJAR)