Pembangunan Ponpes Gus Nur di Malang Ditolak Warga, MWC NU: Dia Pernah Mengejek Kiai

Eramuslim.com – Rencana pembangunan pondok pesantren yang diasuh oleh Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ditolak warga. Apa alasan warga menolak pembangunan ponpes tersebut?

Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Singosari, Achmad Noer Junaidi mengatakan salah satu alasan warga sekitar keberatan dengan pembangunan pondok itu karena sang pendiri diketahui adalah Gus Nur.

Pria yang akrab dipanggil Gus Jun itu mengatakan ajaran Gus Nur dinilai berseberangan dengan yang dianut oleh pondok pesantren yang berdiri di wilayah Singosari, Kabupaten Malang.

“Gus Sugik notabene itu pernah dalam tanda kutip ‘mengejek’ kiai-kiai di Singosari khususnya NU-nya,” kata Gus Jun kepada detikcom, Rabu (1/12/2021).

Selain, karena permasalahan sosok Gus Nur, Gus Jun juga mengungkapkan ada persoalan terhadap lahan yang akan dibangun ponpes tersebut.

“Jadi dengar-dengar, tanahnya masih sengketa saya dengar dari masyarakat sana. Dan dari hasil rapat kemarin dengan ranting memang ada masalah itu tanahnya itu belum terbeli total oleh pengembang (perumahan),” ungkap Gus Jun.