Pemerintah Tegaskan Tak Larang Ekspor CPO, Nicho: Udah Gue Bilang Jangan Dengar Omongan Jokowi

airlangga hartarto

eramuslim.com – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto kembali menegaskan bahwa larangan ekspor tak berlaku untuk Crude Palm Oil (CPO) tetapi larangan ekspor ini hanya diberlakukan untuk produk Refined, Bleached, Deodorized (RBD) palm olein.

Menanggapi pernyataan Airlangga Hartarto, Aktivis Nicho Silalahi mengatakan bahwa dia sudah menduga hal ini akan terjadi sehingga dirinya tidak pernah mempercayai apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo yang sebelumnya mengatakan akan melarang ekspor sawit untuk menstabilkan harga minyak goreng dalam negeri.

Nicho menyebutkan bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah, khsusnya yang berkaitan dengan minyak goreng hanya akan menambah penderitaan rakyat kecil khususnya petani sawit skala kecil.

“Udah gue bilang ga perlu dengar lagi setiap ocehan @jokowi. Hasilnya jelas hanya membuat petani sawit skala kecil yang menderita akibat ocehannya”, tulis Nicho Silalahi, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 27 April 2022.

Selain itu, Nicho juga menyoroti masalah harga pupuk yang tidak mengalami penurunan harga, namun sebaliknya harga sawit yang semakin anjlok.

Dia kemudian mengatakan untuk mempertanyakan kepada Airlangga siapa petani sawit yang mendukung Jokowi tiga periode.

“Harga pupuk ga turun eh malah harga sawit yang anjlok, coba tanya Airlangga siapa petani sawit yang dukung @jokowi 3 periode?”, tulisnya lagi.