Pendeta Peniel Kogoya Todong Warga Kumpulkan Uang untuk Beli Senjata Teroris OPM

Eramuslim.com – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri membeberkan aliran dana pembelian senjata api dan amunisi oleh Peniel Kogoya kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Menurut Kapolda, Peniel Kogoya yang kesehariannya sebagai tokoh agama, bisa saja memiliki perkerjaan sampingan sebagai pengusaha. Oleh karena itu dari hasil bekerja sebagai pengusaha, dana yang diperoleh digunakan untuk membeli senjata beserta amunisi.

Disamping itu, ada juga dana yang diperoleh dari Ges Gwijangge yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua.

Bahkan, kebanyakan juga pengumpulan dana untuk pembelian senjata KKB dari hasil dulang emas oleh masyarakat, seperti dari warga yang mendulang area pembuangan tailing PT Freeport Indonesia, maupun pajak (permintaan upeti) yang dilakukan terhadap kepala-kepala kampung, hingga dukungan dari pemerintah di sejumlah distrik yang menjadi simpatisan KKB.

ā€œMereka minta. Ya mungkin ada unsur todong atau pemaksaan, sehingga (dana) itu mereka dapat dan dikumpulkan,ā€ kata Kapolda di Jayapura, Selasa (20/4/2021).