Peneliti Barat: Medsos Ubah Wajah Islam Indonesia

Eramuslim – Di ajang Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) 2019, Prof Martin Slama, dari University of Vienna menyampaikan telah mengamati dinamika berislam orang Indonesia dalam kaitannya dengan media sosial.

Prof Martin menjelaskan bahwa media sosial di era digital telah mengubah wajah Islam Indonesia. Dewasa ini banyak sekali jenis ekspresi keislaman di Indonesia. Islam mendapat pengaruh dari berbagai belahan dunia yang momentumnya diperbesar lagi oleh datangnya era digital.

“Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu perubahan paling signifikan dalam bidang Islam di Indonesia adalah meningkatnya ketergantungan Muslim pada media sosial,” kata Prof Martin saat konferensi tahunan sarjana Islam dunia atau AICIS 2019 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Kamis (3/10).

Menurutnya, di kalangan Muslim Indonesia terlihat umat Islam sering menganggap aktivitas daring menjadi bagian dari religiusitas. Mereka menganggap unggahan-unggahan mereka yang saleh di media sosial sebagai upaya untuk meningkatkan religiositas mereka.

“Indonesia telah mengalami perubahan sosial dan politik yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Sementara tentang ekspresi keislaman yang cenderung lebih show off melalui media sosial menjadi gejala yang baru timbul di Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Republika, Kamis (3/10).