free hit counters
 

Pengamat; Aneh, Pengangkatan Guru CPNS Jelang Tahun 2019

zahid – Kamis, 5 Jumadil Akhir 1439 H / 22 Februari 2018 13:30 WIB

Eramuslim – Selama ini porsi anggaran untuk gaji dan tunjangan guru PNS saat ini cukup besar. Porsinya mencapai separuh lebih dari porsi anggaran pendidikan di dalam APBN.

Porsi itu bakal semakin membengkak jika pemerintah benar-benar bakal mengangkat ratusan ribu guru honorer menjadi CPNS tahun ini. Pemerintah diharapkan mengkaji dengan cermat kebutuhan guru di Indonesia.

Pengamat pendidikan, Indra Charismiadji, mengatakan, rencana pemerintah mengangkat guru honorer hingga 250 ribu orang memang cukup signifikan.

Dia menuturkan, saat ini rasio guru dengan murid di Indonesia sudah mencapai 1:16. Rasio ini lebih baik dibandingkan di Tiongkok, Amerika, bahkan Finlandia. ’’Apa mau dinaikkan lagi jadi 1:12,’’ ujar Indra di Jakarta, Selasa (20/2/2018).



Indra menjelaskan, pemerintah harus menghitung dengan cermat kebutuhan guru di Indonesia. Kalaupun di daerah tertentu ada kekurangan guru, bisa dilakukan mutasi guru dari daerah lain yang berlebih.

Dia mengatakan, ketika diangkat menjadi CPNS atau PNS, mereka sudah terikat sumpah dan janji ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Indra menjelaskan, pengangkatan guru CPNS baru tidak ada salahnya, asalkan dilakukan dengan tepat berdasarkan kebutuhan di lapangan. Kemudian pengangkatan CPNS guru baru harus dilakukan melalui seleksi, sehingga tersaring calon guru yang benar-benar memenuhi kualifikasi dan kompetensi sebagai pendidik. Dia tidak ingin pengangkatan ratusan ribu guru honorer malah kental nuansa politisnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru