Pengamat: Gerindra Belum Tentu Usung Prabowo Jadi Capres Lagi

Eramuslim.com – Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, belum tentu Partai Gerindra mengusung kembali Ketua Umumnya, Prabowo Subianto, yang kini menjabat Menteri Pertahanan, menjadi calon presiden lagi dalam Pilpres 2024 mendatang.

Hasil beberapa lembaga survei yang menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto masih tinggi tak menjamin Partai Gerindra akan kembali mengusungnya.

Hal itu dikatakan Adi Prayitno saat menjadi narasumber dalam serial diskusi daring Tanya Jawab Cak Ulung bertajuk “Melacak Tokoh Potensial 2024” pada Kamis (25/2).

“(Semuanya) Tergantung siapa lawan tandingnya, kalau lawan tandingnya enggak bagus-bagus amat, tentu orang akan memilih Prabowo. Tetapi kalau lawan tandingnya bagus, tentu akan memalingkan wajahnya ke yang lain,” ujar Adi Prayitno.

Selanjutnya, Adi Prayitno menjelaskan jika survei selalu bersifat dinamis, karena itu Partai Gerindra bisa saja mengusung figur selain Prabowo Subianto, semuanya tergantung siapa lawannya.

“Makanya nanti, kalau dalam survei itu ada simulasi head to head, misalnya Prabowo vs Anies, itu akan keliatan publik lebih ingin ke siapa,” tuturnya.

Bila Prabowo berhadapan dengan Anies, bisa saja pemilih Jokowi di Pilpres 2019 akan memilih absen atau golput lantaran Anies dan Prabowo pernah dalam satu koalisi, dan keduanya tidak populer di kalangan pro Jokowi.

“Kalau di 2024 Prabowo vs Anies, akan kelihatan distribusi suaranya, apakah akan lebih memilih Prabowo yang saat ini dianggap lebih menjadi bagian pemerintah, atau lebih memilih Anies,” kata Adi Prayitno.

“Apakah Prabowo tetap bisa naik, tergantung siapa lawan tandingnya,” tandasnya. [em]