Pengungkapan Skandal Bank Century Kian Tak Terbendung

Nasabah Bank Century

Tuntutan pengungkapan skandal Bank Century kian tak terbendung. Setidaknya, ada dua demonstrasi pada Jumat siang tadi yang menuntut agar skandal Century bisa segera diungkap.

Demo pertama ada di Gedung DPR. Demo yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa ini menuntut Dewan Perwakilan Rakyat agar segera mengusut skandal Bank Century.

Sementara demonstrasi kedua terjadi di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK. Para demonstran yang terdiri dari nasabah Bank Century dan lembaga sosial masyarakat meminta KPK mengambil alih pengungkapan Bank Century.

Menanggapi ini, Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan bahwa kasus Bank Century masih menunggu laporan resmi dari Badan Pemeriksa Keuangan, BPK. Selain itu, politisi dari Partai Demokrat ini pun menjelaskan bahwa dana untuk Bank Century itu bukan dana pemerintah. Tapi, dana lembaga penjamin perbankan.

Marzuki pun masih belum menandatangani usulan Hak Angket skandal Bank Century. Padahal, sudah lebih dari 130 anggota DPR yang membubuhi tandatangan mereka. Bahkan, kalau dihitung dari fraksi di DPR, hanya Fraksi Partai Demokrat saja yang belum mau ikut tandatangan.

Pengguliran hak angket Bank Century ditargetkan mulai disidangkan pada akhir Nopember ini. (mnh)