Penjelasan Pakar Soal Efektivitas Sumur Resapan di Kolong Tol Jakarta

Eramuslim.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggarap pembangunan sumur resapan di seluruh wilayah Jakarta sebagai upaya penanganan banjir. Namun pembangunan sumur resapan yang dikerjakan Pemprov DKI menuai kritik di media sosial.

Sebab, letaknya di bawah jembatan pintu keluar tol Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Proyek itu dianggap membahayakan konstruksi tiang penyangga jembatan tol.

Dosen Departemen Sipil Fakuktas Teknik Universitas Indonesia bidang Manajemen Sumber Daya Air, Toha Saleh menjelaskan sejatinya sumur resapan di bawah tol jembatan tidak membahayakan selama memperhitungkan jarak sumur dengan tiang, dan kedalaman sumur.

“Kalau begitu sih enggak terlalu membahayakan karena bor pile pondasi tol itu cukup dalam. Sedangkan sumur resapan itu paling cuma 2 meteran dan itu juga sifatnya bukan (menampung) air masif,” kata Toha kepada merdeka.com, Kamis (4/3).

Ia menyebutkan, minimal jarak sumur resapan dengan tiang adalah 2-3 meter. Jarak itu pun masih memperhitungkan penyangga atau material yang tertanam bersama tiang.