Penyerangan atas Tim Dompet Dhuafa Langgar Konvensi Jenewa

“Tindakan oknum aparat kepada tim media Dompet Dhuafa yang sedang bertugas, patut diduga melanggar Konvensi Jenewa itu. Dimana dalam aturan tersebut, petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan,” papar dia.

FOZ menginginkan agar aparat keamanan bisa lebih bijaksana lagi dalam bertugas di lapangan. Sebab, sudah semestinya setiap relawan kemanusiaan yang bertugas di lapangan dilindungi, agar tidak menjadi target kekerasan.

Kemudian, masyarakat juga diimbau agar tetap bersikap tenang dalam merespons isu-isu yang bergulir belakangan ini. “Mari kita tetap menjaga kedamaian dan persatuan bangsa Indonesia. Meskipun ada kejadian seperti kemarin, kami tetap mengimbau kepada seluruh lembaga pengelola zakat, Baznas, dan LAZ (lembaga amil zakat), agar tetap konsisten dan profesional membantu di lokasi darurat,” jelas Bambang.

Bambang menuturkan, sesungguhnya antara pihak aparat keamanan dan lembaga-lembaga zakat telah lama saling sinergi dalam banyak situasi genting. Sudah seharusnya antara aparat dan tim relawan saling memahami tugas masing-masing ketika berada di lapangan.

Ia yakin, ke depan tidak ada lagi kejadian serupa. Harapannya, semua pihak dapat membicarakan persoalan secara baik-baik, tanpa perlu adanya kekerasan. [rol]