Perbaikan Dokumen Rusak Akibat Bencana Digratiskan

Eramuslim.com -Warga Jawa Tengah yang terdampak bencana alam tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengurus perbaikan berbagai dokumen penting yang rusak. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) telah menyiapkan layanan khusus bagi perbaikan dokumen penting yang rusak akibat dampak bencana alam tersebut.

Kepala Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah Prijo Anggoro Budi Rahardjo mengatakan, Pemprov Jawa Tengah memberikan kemudahan kepada masyarakat di Jawa Tengah yang menjadi korban bencana alam seperti banjir atau tanah longsor. “Bagi warga terdampak bencana yang dokumen pentingnya rusak, Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah siap membantu memperbaiki tanpa dipungut biaya alias gratis,” ungkapnya di Semarang belum lama ini.

Layanan ini sudah dilaksanakan Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah kepada warga terdampak bencana di Desa Cikeusal Lor, Cikeusal Kidul dan Desa Sindangjaya, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Dinas Arpus telah melakukan fasilitasi preservasi atau perawatan arsip-arsip penting yang rusak di daerah terdampak bencana tersebut.

“Kegiatan restorasi atau perbaikan arsip penting masyarakat (Ranting Mas) ini sebagai salah satu bagian dari program pengentasan kemiskinan,” jelasnya.