Percuma Ditarik, Kamus Ahistoris Ini Sudah Beredar di Olshop

Eramuslim.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengaku pihaknya menyayangkan kamus kontroversial terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berjudul Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dan II tetap beredar. Bahkan, ia menduga kamus tersebut diperjual-belikan di toko daring atau online Shop (Olshop).

“Padahal kata mas Menteri (Nadiem) dan Dirjen (Kebudayaan) sudah ditarik, tapi percuma karena sudah beredar di masyarakat, kecuali dilarang,” kata Fikri kepada wartawan, Kamis 22 April 2021.

Fikri mengatakan, Kamus sejarah yang menjadi polemik di masyarakat karena tak memasukan nama pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari dan tokoh bangsa lainnya katanya mudah ditemui di toko online, atau semudah mengklik di mesin pencari internet. “Jadi ini seperti mau menghapus kesalahan, tapi dosanya terlanjur menjalar kemana-mana,” ucapnya.

Politikus PKS ini menyatakan, setelah sebelumnya Mendikbud dan Dirjen Kebudayaan mengakui adanya kesalahan atas penerbitan buku tersebut, sebaiknya Kemendikbud mulai melakukan pembersihan ‘dosa’.

“Segera larang peredarannya, karena sangat meresahkan, bila tidak dilarang, berarti memang benar demikian isi buku tersebut,” tandasnya. Baca juga: Kecewa, PBNU Siap Dukung Nadiem Sempurnakan Kamus Sejarah Indonesia

Seperti diketahui, Kamus Sejarah Indonesia terdiri atas dua jilid. Jilid I dengan sub-judul Nation Formation (1900-1950) dan Jilid II :Nation Building (1951-1998).