Peringatan Gugus Jatim: Jika Hati-Hati, Surabaya Bisa Jadi Wuhan

Sedangkan untuk menurunkan Case Fatality Rate (CFR) atau tingkat kematian, Joni menjelaskan pihaknya melakukan clinical research mulai penggunaan Avigan, Terapi Plasma Convalescent, ataupun Aspirin. Joni mengatakan, Menteri Kesehatan telah memerintahkan kepadanya untuk menggunakan obat tertentu seperti pemakaian aspirin. “Semuanya kita coba dengan kaidah kesehatan tertentu,” ujar Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya itu.

Angka kasus corona di Jatim, yang separuh di antaranya disumbang Surabaya, itu menegaskan sorotan Presiden Jokowi yang meminta Gugas Covid-19 pusat agar mendukung upaya pemutusan rantai penularan di Jatim. Ia bahkan meminta pasukan TNI/Polri membantu untuk menekan angka kasus corona di Jatim yang dari hari ke hari kian melonjak.

“Saya ingin gugus tugas dan menteri fokus pada provinsi yang memiliki kasus yang cukup tinggi. Di Jawa terutama agar dibantu memberikan dukungan penuh provinsi Jawa Timur, terutama tentang kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya,” kata Presiden Jokowi dalam pengantar rapat kabinet pada Rabu, 27 Mei 2020. (*)