Perkuat Sektor Pangan, Gubernur Anies Gelar Panen raya di Jakarta Timur

Eramuslim – Dengan menggunakan peralatan arit dan caping, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Walikota Jaktim Bambang Musyawardana ikut memanen padi di kawasan Cakung, Jakarta Timur, pada hari Selasa (23/01) ini.

“Terakhir panen bulan September kemarin di Jogja, saya kan sering datang ke tempat panen,” ujar Gubernur Anies.

Anies melanjutkan, “Sawah di Jakarta ini masih ada lebih dari 300 hektare, berada di lokasi ini ada sekitar tiga hektare. Alhamdulilah ditanam bulan Oktober dan November sekarang sudah panen kira-kira lima ton per hektarenya.”

Gubernur Anies berpesan kepada para petani agar tetap menjaga ekosistem di Jakarta, karena ibukota negara ini adalah sebuah ekosistem yang lengkap.

“Mari kita jaga sama-sama dan mari kita sadari bahwa Jakarta adalah sebuah ekosistem yang lengkap. Di sini ada juga lahan-lahan pertanian yang harus kita jaga,” ujar Gubernur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat panen raya di areal pertanian Jalan Inspeksi BKT Timur, Cakung, Jakarta, Selasa (23/1). Areal pertanian Pemprov DKI Jakarta seluas tiga hektare ini menghasilkan lima ton padi per hektare dengan varietas Inpari 22 dan Mekongga. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/18.

Anies menambahkan, “Dan kita ingin sekali warga Jakarta ini menyadari bahwa di Jakarta itu ada kehidupan modern dengan basis industri, tetapi ada juga kehidupan pertanian, kehidupan kesederhanaan yang ini semua harus kita sadari.”

Menurutnya, tugas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan untuk semuanya menjadi perhatian dan menyadari sawah di sini harus dijaga bersama.

Hadir dalam panen tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Lautan dan Pertanian Darjamuni, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (P2BPT) Ali Nurdin. (Tsc/ram)