Pernyataan Agnez Mo, Mengkonfirmasi Tionghoa Hanya Numpang Lahir dan Hidup di Indonesia

Eramuslim.com – Agnes Monica Muljoto atau yang sekarang dikenal sebagai Agnez Mo menggegerkan masyarakat Indonesia.

Bukan karena karya dan prestasinya akan tetapi soal pengakuannya di media internasional bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Agnez Mo saat menjalani wawancara dengan Build Series by Yahoo. Video itu dirilis minggu lalu, tapi banyak yang menyaksikannya karena aksi Agnez di AMAs 2019.

Awalnya, host bertanya mengenai keberagaman di Indonesia. Agnez Mo kemudian menjawab dirinya hanya lahir di Indonesia.

“Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman-Jepang-China, dan aku hanya lahir di Indonesia,” ucapnya.

Agnez Mo juga menyebut dirinya juga bukan bagian dari mayoritas agama yang ada di Indonesia. “Aku juga (beragama) Kristen dan mayoritas di sana (Indonesia) Muslim,” ujar Agnez Mo.

Pernyataan Agnez ini langsung menjadi polemik di masyarakat. Pengamat Ekonomi dan Sosial serta Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi juga turut berkomentar dalam akun Twitternya.

Ia mengatakan bahwa secara tidak langsung pernyataan Agnez mengkonfirmasi bahwa etnis Tionghoa hanya menumpang lahir dan hidup di Indonesia.

“Secara tidak langsung Agnez mengonfirmasi narasi yg berkembang di kalangan mereka yg anti-Tionghwa bahwa Tionghoa hanya numpang lahir dan hidup di Indonesia. Untung saya ngga pernah ngefans sama Agnez,” kata dia.

Lynda Ibrahim@lyndaibrahim

 · 

Di saat temen2 Tionghoa gw hrs mati2an meyakinkan mayoritas bhw mereka pun orang Indonesia, malah figur sebesar Agnez Mo menafikan keindonesiaannya.

Her PR is doing a HORRIBLE job in coaching her on how to talk to media.
Agnez, you did a disservice to your fellow Tionghoa. https://twitter.com/xaditya_/status/1198995495554703360 …

??????(っ◔◡◔)っ@xaditya_

This (trying so hard to be black) ind*n seriously need to stfu and better go back being Agnes Monica instead https://twitter.com/candra_aditya/status/1198987362635673601/video/1 …

Burhan Muhtadi (IG: Burhanuddin Muhtadi)@BurhanMuhtadi

Secara tidak langsung Agnez mengonfirmasi narasi yg berkembang di kalangan mereka yg anti-Tionghwa bahwa Tionghwa hanya numpang lahir dan hidup di Indonesia. Untung saya ngga pernah ngefans sama Agnez

126

Info dan privasi Iklan Twitter

[akr]