Pernyataan Gatot Nurmantyo Soal PKI Bangkit Bisa Jadi Benar, Bukan Mainan Politik!

Eramuslim.com – Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, pernyataan mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo tentang kebangkitan partai komunis Indonesia (PKI) gaya baru, bisa jadi benar.

Pasalnya, Gatot menyebut kesimpulan tersebut berdasarkan hasil penelurusannya. Bahkan, mengklaim telah mengendus hal tersebut sejak 2008 lalu.

“Jika itu hasil temuan di lapangan, maka apa yang disampaikan GN merupakan sesuatu yang benar dan apa adanya. Bukan mainan politik seperti yang banyak dituduhkan musuh politiknya,” ujar Ujang kepada jpnn.com, Sabtu (26/9).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini kemudian mengingatkan, latar belakang Gatot murni prajurit TNI. Bahkan, kariernya pernah menjadi panglima TNI.

“Tentu itu menjadi kelebihannya (Gatot), bisa mengendus dan membuktikan PKI gaya baru tersebut,” ucapnya.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini kemudian menyarankan supaya pemerintah menyikapi pernyataan Gatot dengan bijaksana.

“Saya kira yang harus dilakukan pemerintah tentu harus waspada dan mengoreksi serta mengevaluasi di dalam istana, agar tak menganggap enteng soal PKI gaya baru temuan GN,” katanya.

Ujang mengingatkan, kewaspadaan dari pemerintah menjadi sangat penting, agar istana tak tersusupi PKI gaya baru sebagaimana yang dipaparkan Gatot.(*)