Perusahaan Asal Jiangsu Saja Kerjakan 24 Proyek di Indonesia

Eramuslim.com -Perusahaan-perusahaan asal Provinsi Jiangsu, Cina, menjalankan 24 usaha di Indonesia dengan nilai investasi sebagian proyek yang sedang berjalan sejumlah 32 miliar dolar AS.

“Proyek luar negeri dari Jiangsu di Indonesia adalah yang terbesar dibanding di negara Asia lainnya,” kata Deputi Direktur bidang Investasi dan Hubungan Luar Negeri pada Komisi Pembangunan dan Reformasi Provinsi Jiangsu, Hang YouFei, saat menerima kunjungan wartawan dari negara-negara ASEAN di Nanjing, Senin (25/9).

Beberapa proyek besar yang telah beroperasi antara lain tambang nikel dan besi senilai 995 juta dolar AS, industri semen senilai 350 juta dolar AS, serta pembangunan kawasan industri untuk pengolahan karet, pertanian, dan kilang minyak senilai 310 juta dolar AS.

Salah satu perusahaan asal provinsi yang terletak di pesisir Timur-tengah Cina itu juga mendanai pembangunan sebuah kawasan industri di Kalimantan Timur, yang mengintegrasikan sektor pertanian dan industri. Kawasan ekonomi yang mulai aktif beroperasi sejak 2013 itu dijalankan oleh delapan perusahaan yang bernilai total 1,1 miliar dolar AS.