Pigai: Wiranto Jangan Sembunyikan Ketidakmampuan Lindungi Rakyat

Eramuslim.com – Pernyataan Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang menyebut pelemparan karung berisi ular piton di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya sebatas isu menuai kritikan tajam dari mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Pigai tidak terima dengan pernyataan Wiranto yang menyebut bahwa pelemparan karung berisi piton dianggap sebatas isu yang dihembuskan oknum tertentu.

Dengan tegas Pigai meminta Wiranto untuk mengungkap secara gamblang siapa oknum yang dimaksud.

“Jangan menghindari ketidakmampuan pemimpin melindungi dan menghadirkan rasa aman bagi warga negara,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (9/9).

Menurutnya, jika mantan ketua umum Hanura itu tidak mampu untuk menyebut secara gamblang, maka Wiranto hanya berbohong kepada publik.

“Kalau tidak tunduk hidungnya, maka saya katakan tidak ada skenario,” pungkasnya.

Wiranto membantah bahwa ada pelemparan karung berisi ular piton di Asrama Papua. Menurutnya, itu merupakan bagian dari provokasi agar kerusuhan kembali terhadi,

“Mereka tidak senang kalau keadaan ini aman, eggak senang kalau keadaaan itu kondusif, (jadi) ada isu bahwa di asrama Papua dilempar ular,” ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam. [rm]