PKS: Jokowi juga kumpulkan dana, kenapa kalau Prabowo dipermasalahkan?

Eramuslim.com -Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid heran dengan sikap sejumlah pihak yang mempersoalkan penggalangan dana perjuangan yang dilakukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Padahal, Joko Widodo (Jokowi) dan partai pendukungnya juga pernah melakukan langkah serupa.

“Kan juga pak Jokowi dulu juga melalui para kadernya mengumpulkan dana di lapangan. PSI juga mengumpulkan di mana-mana, kok mereka tidak dipermasalahkan? Kenapa kalau Pak Prabowo jadi dipermasalahkan?,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/6).

Menurut Hidayat, penggalangan dana politik dari masyarakat sah-sah saja dilakukan. Pengumpulan dana untuk aktivitas politik dari masyarakat dijamin oleh undang-undang selama transparan dalam penggunaannya.

Ketentuan soal sumbangan dana kampanye diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan Pasal 7 ayat 1 sampai 3 PKPU Nomor 5 tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali kota dan Wakil Wali kota.

“Jadi menurut saya sih yang penting keterbukaan dana itu darimana didapatnya dan dipergunakan untuk apa. Undang-undang juga mengatur dananya diperbolehkan sampai berapa, perusahaan sampai berapa itu semua ada aturannya,” terangnya.

Pihaknya mengingatkan Gerindra untuk berhati-hati dalam menerima sumbangan dana politik. Hidayat berharap Gerindra tidak menerima sumbangan dari sumber yang tidak bermasalah secara hukum, seperti hasil pencucian uang dan korupsi.