PKS: MUI dan Ormas Islam Harus Panggil Sukmawati

Eramuslim.com – Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil mengusulkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas islam lainnya memanggil Sukmawati Soekarnoputri. Pemanggilan tersebut menyusul kasus dugaan penistaan agama Sukmawati lantaran membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan ayahandanya, Presiden RI ke-1 Soekarno.

“Saya mengusulkan agar MUI dan Ormas-Ormas Islam segera mengundang Sukmawati dan diminta keterangannya sembari memberikan edukasi soal apa yang dia ucapkan,” ujarnya, Minggu (17/11/2019).

Dengan pemanggilan tersebut, Nasir berharap, dapat dilakukan pendekatan restoratif dengan cara memberikan pengajaran dan penerangan kepada Sukmawati soal posisi Nabi dan Rasul Muhammad SAW. Terkait perbedaan dialektika kebangsaan dan agama, dia menyebut, inisiatif ormas dan MUI serta organisasi agama lainnya sangat dibutuhkan.

Hal tersebut, menurut Nasir, untuk menggunakan pendekatan restoratife justice system ketimbang criminal justice system. “Model ini tentu sangat membantu aparat penegak hukum untuk menyelesaikan masalah itu dengan damai,” katanya.

“Salah satu fungsi polisi yang sangat esensial itu adalah mengayomi. Mari kita ayomi jika ada anak bangsa yang salah dalam melihat agama dan orang-orang suci dalam agama itu,” ujarnya.