PLN Minta Pelanggan Kirim Foto Meteran Listrik Via Online

Eramuslim – PLN Unit Induk Distribusi  (UID) Jakarta Raya melakukan perubahan dalam pembacaan meter untuk tagihan rekening listrik April 2020. Sebab karena ada kebijakan physical distancing Virus Corona COVID-19, petugas PLN sementara tak datang catat meteran listrik dor to dor untuk pelanggan pascabayar.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, pelanggan pascabayar PLN unit tersebut diminta untuk mengirimkan Identitas (Id) Pelanggan dan foto angka yang terdapat pada kWh meter melalui email maupun aplikasi WhatsApp. Pelanggan cukup mengirimkan 1 kali saja selama Periode tanggal 23-29 Maret 2020.

“Supaya aman dan nyaman dalam masa darurat bencana wabah Covid-19 khususnya di Jakarta, kita ikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi pertemuan antar orang sementara waktu. Karenanya dimohon warga Jakarta dan sekitarnya berpartisipasi aktif dalam pembacaan meter PLN,” jelas Ikhsan dikutip dari keterangannya, Kamis 26 Maret 2020.

Pelanggan dapat mengirimkan ID Pelanggan dan foto angka kWh meter sesuai dengan wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang melayani. Nomor kontak WA dan email nya pun sudah disiapkan.

“Pelanggan PLN cukup di rumah saja dan mengirimkan via online angka kWh meternya. Setelah itu pembayaran juga bisa dilakukan melalui online, tidak perlu banyak tatap muka,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurutnya, pembayaran rekening listrik pun bisa dilakukan secara online. Melalui internet banking, mobile banking, situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Shopee. Maupun dompet digital seperti Gopay, Ovo, dan Dana.

Dia pun mengingatkan pengumuman ini sebaiknya dipenuhi pelanggan. Sebab, bagi pelanggan Pascabayar yang tidak dapat mengirimkan ID Pelanggan dan Foto angka kWh Meter selama periode tersebut, tagihan listrik April 2020 akan dihitung rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir.

“Ini sesuai Peraturan PLN dalam masa darurat COVID-19,” tegasnya.

Berikut ini daftar nomor telepon yang bisa di Whatsapp dan alamat email yang bisa dituju pelanggan untuk kirim foto kwh meter listrik PLN: