Polisi Tuding Al-Khathath Akan Melakukan Makar di 5 Kota Besar, Acaranya Sehabis 19 April…

Eramuslim.com – Polda Metro Jaya menangkap Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Gatot Saptono alias Muhammad Al-Khaththath dan empat orang pelaku lainnya terkait pemufakatan makar. Para tersangka diduga merencanakan aksi makar di lima kota besar setelah Pilkada 19 April nanti.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkapkan pemufakatan makar itu tidak hanya akan dilakukan di Jakarta, tapi juga di empat kota besar lainnya.

“Untuk kegiatannya tidak hanya di Jakarta saja, tapi dilakukan secara serentak di lima kota. Yang pertama di Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan kelima di Jakarta itu bersamaan,” terang Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Argo menerangkan, dalam pertemuan tersebut, para tersangka membicarakan perencanaan makar atau pemufakatan makar. Para tersangka diduga mengagendakan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dengan menduduki gedung DPR/MPR.

“Itu (pembicaraan dalam pertemuan) yang pertama, itu baru perencanaan,” ujarnya.

Para tersangka berencana melaksanakan aksi makar itu pada saat pilkada 19 April 2017 atau sebelum bulan puasa.

“Di situ pelaksanaannya untuk melakukan kegiatan yang lebih besar,” sambungnya.

“Untuk tanggal 30 dan 31 (Maret) merupakan pemanasan, itu dalam pertemuan itu agendanya seperti itu,” lanjut Argo.

Pertemuan untuk membahas agenda makar itu dilaksanakan di dua tempat, yakni di Kalibata, Jakarta Selatan, dan di Menteng, Jakpus. Polisi sendiri telah menggelar prarekonstruksi terkait kasus ini pada Senin (3/4).(jk/dtk)