Politik Memang Kejam, Prof!

Jokowi tiba di Restoran Plataran pukul 5 sore. Ia mengenakan kemeja berwarna putih dan celana panjang hitam. Ia memastikan, acara deklarasi capres dan pengumuman akan digelar hari ini. Jokowi langsung masuk ke suatu ruangan. Di sana sudah berkumpul para ketum parpol koalisi yang sudah berkumpul lebih dulu.

Sebelum maghrib, sejumlah awak media dari televisi diperkenankan masuk untuk menengok suasana pertemuan Jokowi dan para ketum parpol. Di restoran ini Jokowi duduk menghadap meja persegi panjang. Jokowi duduk di tengah-tengah. Samping kanan ada Megawati Soekarnoputri, OSO, Romy, Harry Tanoe dan Diaz Hendropriyono. Sementara sebelah kiri ada Surya Paloh, Airlangga Hartarto, Grace Natalie dan Muhaimin Iskandar. Di depannya ada 9 sekjen.

Saat awak media masuk, tampak Seskab Pramono Anung sedang membagikan surat kepada para ketua parpol untuk ditandatangani.

Perubahan makin terasa ketika Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mencuit di akun Twitter miliknya. Dia bilang, dalam rapat tersebut diputuskan bahwa yang akan mendampingi Jokowi adalah Ketum MUI KH Ma’ruf Amin.

Ba’da Maghrib Jokowi muncul di meja konferensi pers. Didampingi 6 parpol pendukung. Lalu menyampaikan deklarasinya. Intinya, Jokowi mengatakan setelah mendengarkan pertimbangan para ulama, seluruh pengurus partai dan relawan dari tanah air dan aspirasi dari dari masyarakat luas Jokowi memutuskan untuk kembali mencalonkan sebagai capres periode 2019-2024. Keputusan ini sebuah tanggung jawab besar untuk melanjutkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh nusantara pada periode kedua.