Politikus Senior PDIP Ini Heran Dengan Jokowi, “Setahu Saya Sutiyoso Itu Yang Serbu Kantor PDIP…”

59TB.-HasanuddinEramuslim.com – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin, heran dengan sikap Presiden Joko Widodo yang memilih Sutiyoso sebagai kepala Badan Intelijen Negara.

Menurut Hasanuddin, Sutiyoso memiliki masa lalu yang tidak baik dengan PDI-P terkait peristiwa 27 Juli 1996 yang dikenal dengan “Kudatuli”.

Hasanuddin menganggap TNI di bawah Sutiyoso sebagai Pangdam Jaya saat itu terlibat penyerbuan kantor PDI-P di Jalan Diponegoro.

“Setahu saya, beliau itu yang serbu kantor PDI-P. Saya tidak tahu pertimbangannya (Jokowi pilih Sutiyoso). Saya harus tanya dululah,” kata Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Selain itu, Hasanuddin juga mempermasalahkan usia Sutiyoso yang sudah relatif tua. Hasanuddin khawatir pada usia yang tua, Sutiyoso tak optimal dalam menjalankan tugasnya.

“Kok tua banget ya? Umurnya 70 tahun,” kata Mayjen TNI (Purn) itu.

Hasanuddin menyadari pemilihan kepala BIN adalah sepenuhnya hak prerogatif Presiden Jokowi. Namun, Ketua DPD PDI-P Jawa Barat ini mengklaim kebanyakan kader tidak setuju dengan ditunjuknya Sutiyoso ini.

“Saya cuma ngomong apa kata kader. Andaikan kader saya tidak setuju hak prerogatif Presiden, maugimana?” ujarnya.

Jokowi sudah menyerahkan nama Sutiyoso sebagai calon kepala BIN kepada DPR. Jokowi mengaku sudah mempertimbangkan rekam jejak dan kompetensi Sutiyoso sebelum mengambil keputusan.

Dia berharap DPR tidak mempersulit pencalonan Sutiyoso lantaran dia sudah melalui berbagai pertimbangan sebelum memilih mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sutiyoso mengaku dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (8/6/2015) untuk membicarakan pencalonannya sebagai kepala BIN. Ia mengaku siap jika dipercaya karena merasa memiliki kemampuan di bidang intelijen.

“Di Kopassus itu, ada satuan intelijen dan saya lama di satuan itu. Mudah-mudahan saya bisa memenuhi harapan Presiden,” ucapnya.

Sutiyoso berharap DPR menyetujui pencalonannya sebagai kepala BIN. Selanjutnya, ia berjanji akan mundur dari posisi Ketua Umum PKPI setelah resmi dilantik sebagai kepala BIN seperti dilansir kompas.com.

Aroma pembagian jatah kursi jabatan sangat kental dalam hal pengangkatan Kepala BIN ini, karena dari sejumlah ketua parpol pendukung Jokowi hanya Sutiyoso yang sampai sekarang masih belum mendapatkan jatah. Dan ini sangat berbahaya karena yang porsi Kepala BIN amat sangat strategis.(rz)