Polri Cek Adanya Keterlibatan Pelaku Teror WTC, Pada Peristiwa Bom Bali I

Mabes Polri akan mengecek kebenaran informasi tentang pengakuan tersangka pelaku peledakan Gedung World Trade Center di AS, Khalid Sheik Muhammad, tentang keterlibatannya pada tragedi Bom Bali I yang menewaskan sekitar 200 orang lebih tahun 2002 lalu.

"Kita belum mendapat laporan, baru sekadar informasi dan nanti akan kita dalami, " kata Wakapolri Komjen Pol Makbul Padmanegara di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/3).

Menurutnya, pihak polri tidak pernah mentutup-tutupi setiap hasil pemeriksaan terhadap para tersangka terorisme, namun sampai saat ini pihaknya belum mendapat keterangan dari beberapa pelaku yang sudah ditahan.

Lebih lanjut Makbul mengatakan, untuk menindaklanjuti persoalan tersebut, pihaknya akan melakukan cara-cara diplomatik karena yang bersangkutan berada di luar Indonesia.

"Pemeriksaan terhadap Hambali itu merupakan salah satu upaya kita untuk mengungkapnya, kita akan mendalami lagi, " tegasnya.

Belum lama ini, Khalid Sheikh Muhammad, tersangka pelaku serangan 11 September 2001 terhadap Gedung World Trade Centre di New York, Amerika Serikat itu, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan serangkaian serangan lainnya. Pengakuan Khalid itu disampaikan dalam sebuah pemeriksaan tanya jawab yang dilakukan militer AS di Pangkalan Militer AS di Teluk Guantanamo, Kuba.(novel)