Populi Center: Betawi dan Sunda Ogah Dukung Jokowi

Eramuslim.com – Lembaga survei populi center merilis survei tentang calon presiden dan wakil presiden 2019. Hasilnya, populi center melihat suara Joko Widodo lemah di pihak suku Betawi dan Sunda.

Terlihat suara suku Betawi untuk Jokowi hanya 41,2 persen dan suara dari suku Sunda hanya 45,3 persen. Kemudian suara Jokowi lebih unggul pada pemilih suku Jawa sekitar 67,2 persen.

“Memang tidak bisa dihindarkan bahwa Bapak Jokowi ini mantan Gubernur DKI Jakarta cuma kalau kita lihat sosoknya persentase Jokowi ini orang Jawa banget,” kata Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati di Kantor Populi Center, Jakarta Barat, Rabu (28/2).

Sedangkan suara untuk Prabowo Subianto di pihak Betawi dan Sunda tertinggi. Yaitu 58,8 persen Betawi dan 49,5 persen pemilih Sunda. Hartanto menilai hal tersebut adalah efek dari Pilkada 2014.

“Di sisi lain itu efek dari mungkin dari Pilkada 2014 lalu karena memang dipegang Bapak Prabowo sisa sisa itu pasti ada, basis pemilih Prabowo itu memang kecenderungan di Betawi dan sunda,” kata Hartanto.

Diketahui survei ini dilakukan dalam rentang waktu 7- 16 Februari 2018, terhadap 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 2,89 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.(kl/md)