PPP Juga Merapat ke Anies-Sandi, Simpatisan PAN juga Ingin Dukung Anies

Eramuslim.com – Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI, Ichwan Jayadi, menyambangi kediaman Boy Bernadi Sadikin di Jalan Borobudur, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/2). Ichwan didampingi Bendahara DPW PPP DKI, Deddy Kurniawan.

“Kami masih (melakukan) penjajakan,” kata Ichwan usai berbincang dengan Boy Sadikin yang merupakan Ketua Relawan pasangan cagub-cawagub nomor urut tiga, Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Kepada wartawan Ichwan mengaku akan terus mendiskusikan penjajakan tersebut. “Kami harapkan penjajakan lebih matang dalam 1 atau 2 hari. Makanya, dalam rentan waktu itu, kami terus berdiskusi,” terang dia.

Ichwan berharap nanti akan muncul pemimpin idaman seluruh lapisan warga ibu kota serta menjadikan Jakarta sejahtera. Karena itu, diperlukan adanya persatuan umat Islam di Jakarta yang menyejukkan.

“Sebagaimana Kakbah sebagai kiblat bagi para umat,” ujar Ichwan.

Sementara itu, Boy Sadikin menyatakan pihaknya selalu terbuka kepada siapa pun yang ingin bergabung dan memenangkan Anies-Sandi.

“Karena kami meyakini, perubahan Jakarta tidak bisa dilakukan orang per orang. Tapi, butuh barisan jamaah yang kukuh,” tutur Boy menanggapi kedatangan Ichwan dan Deddy.

Simpatisan dan Kader PAN Juga Dukung Anies-Sandi

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay, mengatakan, partainya tengah melakukan evaluasi Pilkada DKI Jakarta setelah pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni memperoleh suara paling buncit.

Evaluasi ini penting dilakukan untuk melihat kinerja sekaligus melihat kelemahan-kelemahan tim dalam kerja pemenangan. Evaluasi ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk membangun sinergi baru menghadapi putaran kedua nanti.

Saleh juga menyatakan banyak menerima aspirasi dari kader maupun simpatisan yang menginginkan agar PAN bergabung dan mendukung pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

“Usulan dan aspirasi itu tentu akan menjadi pertimbangan utama. Bagaimana pun juga, PAN adalah media menyalurkan suara masyarakat,” ungkap Wakil Ketua Komisi IX DPR ini.

Selain warga Jakarta, tambah Saleh, PAN juga banyak mendapat masukan dari daerah-daerah lain. Demikian juga di media sosial, rata-rata menginginkan agar PAN bergabung dan mendukung Anies-Sandi.

“Semua itu tentu kita dengar,” jelas Legislator asal Sumatera Utara itu.

Meski demikian, Saleh mengungkapkan, secara kelembagaan PAN belum menentukan pilihan koalisi baru. Sampai saat ini, PAN masih menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU. Selain itu, PAN juga sedang mempelajari secara serius program kerja masing-masing paslon yang ada.

“Selama ini kita hanya mendengar sepintas program paslon lain. Tentu perlu didalami dan dipelajari agar bisa disampaikan kepada seluruh jaringan partai. Dengan begitu, kita betul-betul yakin untuk memberikan dukungan maksimal,” ungkap dia.

Namun, Saleh menegaskan, dalam beberapa waktu ke depan, PAN akan menyatakan sikap resminya. Ia berharap pilihan PAN kali ini akan tepat dan sesuai dengan keinginan semua pihak.

“Kalau sudah diputuskan, PAN tidak akan meminta syarat apa pun. Yang paling penting adalah komitmen perubahan dan perbaikan bagi Jakarta,” pungkas Saleh. (jk/akt)