Prabowo Pelajari Pemulangan Habib Rizieq, Bagaimana Peluangnya?

Eramuslim.com – Wacana pemulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab dari Arab Saudi ke Indonesia kembali mencuat. Kali ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku tengah mempelajari kemungkinan pemulangan tersebut.

“Nanti kita ini ya, kita pelajari dulu, saya belum dengar,” kata Prabowo di lingkungan Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Hari ini Prabowo berencana untuk menerima beberapa duta besar (dubes) negara sahabat termasuk Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi.

“Mudah-mudahan nanti kita lihat,” jawab Prabowo saat ditanya apakah ia akan membicarakan soal kepulangan Habib Rizieq dengan Dubes Althagafi.

Saat Pilpres 2019 beberapa waktu lalu, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) nomor urut 02 memang pernah meneken pakta integritas yang disodorkan forum Ijtima Ulama II GNPF. Pakta integritas itu berisi 17 poin yang salah satunya berisi kesanggupan Prabowo memulangkan dan menjamin Habib Rizieq Shihab.

Habib Rizieq pergi ke Arab Saudi sejak 26 April 2017. Rizieq mengaku tidak bisa pulang ke Indonesia karena sejumlah alasan pertama terkait masalah izin tinggal di Arab Saudi. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan Habib Rizieq tak bisa pulang karena tinggal di suatu tempat lebih lama dari masa yang diizinkan (overstay). [ts]