Prediksi Bank Dunia Ekonomi RI 2022 Tumbuh 4,6%, Jokowi Batal Pindah Ibu Kota

Eramuslim.com – Bank dunia di hadapan Jokowi saat bertandang ke istana 2 September lalu, memaparkan prediksi ekonomi Indonesia pada tahun 2022 hanya akan tumbuh pada angka 4,6%. Prediksi Bank Dunia juga menunjukkan tren negatif sejak 2018 (5.17%), 2019 (5.1%), 2020 (4.9%).

Sementara sejak Agustus lalu, Jokowi justru mengumumkan rencana pindah Ibukota ke pulau Kalimantan yang membutuhkan dana  tidak sedikit.

Permasalahannya bukan hanya anggaran yang besar, tetapi apakah rencana pindah ibukota proper dalam situasi ekonomi nasional yang sedang sulit di tengah gejolak ekonomi global yang diprediksi banyak lembaga ekonomi dan keuangan internasional sedang menuju resesi.

Jika mengamati kondisi ekonomi saat ini saja dengan pertumbuhan hanya berkisar 5%, Pemerintah masih menghadapi trio defisit (neraca dagang, CAD & anggaran negara) dan masalah keuangan/likuiditas seperti defisit BPJS. Bahkan pada th 2020 pemerintah merencanakan mengurangi subsidi energi, yang sangat mungkin diikuti dengan kenaikan harga (Tempo.com 6 Sep 2019).