Rachma: Bung Karno Sudah Ingatkan, Imperialisme Kuning Akan Jajah Indonesia

reklamasi cukongEramuslim.com – Pemerintah bisa disebut zalim dan otoriter jika tidak menghentikan permanen proyek reklamasi di pantai utara Jakarta.

“Sudah terang benderang bahwa proyek reklamasi hanya untuk privilege (hak istimewa) cukong-cukong kapitalis, tidak ada kaitan mensejahterakan rakyat khususnya kaum nelayan sebagai soko guru negara bahari atau maritim,” kata politisi senior, Rachmawati Soekarnoputri, kepada wartawan, Kamis (5/5).

Menurut Rachmawati, tidak ada lagi kebobrokan yang bisa disembunyikan dari proyek reklamasi. Jelas mulai dari pelanggaran izin, AMDAL, kasus suap, korupsi izin, pengrusakan ekosistem akan berdampak dahsyat dan mencabut hak hidup banyak orang.

“Negara selama ini dikuasai kaum kapitalis yang hanya memikirkan keuntungan demi segelintir orang kaya, jauh dari keadilan sosial, yang berarti anti Pancasila,” katanya.

Ia ragu, proyek reklamasi akan dihentikan selamanya. Ia terang-terangan menyebut pemerintahan Joko Widodo ini bertahan karena ada dukungan dari kelompok “buffer zone” yang kakinya berpijak di dua bagian, yaitu negara adikuasa dan daratan Cina.

“Bung Karno sudah memperingatkan akan hadirnya Imperialisme Kuning. Proxy war ini ladang subur tumbuhnya imperialisme baru dan Indonesia yang kaya kembali terjajah di bawah penguasa proxy,” katanya.(ts/rmol)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm