Rahasia Dibalik Doa Malam Lailatul Qadar

Eramuslim.com –

Sebagian Rahasia Do’a Lailatul Qadar

(Ustadz Musyaffa A Rahim, Lc)

Kenapa Rasūlullāh saw mengkhususkan do’a tertentu pada saat kita berharap Lailatul Qadar?

Sudah jamak diketahui bahwa do’a khusus pada malam yang diharapkan sebagai Lailatul Qadar adalah:

عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا سَأَلَتْ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَتْ: إِنْ وَافَقَنِي لَيْلَةُ الْقَدْرِ فَمَاذَا أَقُولُ؟ فَقَالَ: «قُولِي اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي» (رواه أحمد [25384]، والترمذي [3513]، والنسائي في الكبرى [10708، 10709، 10710
Dari ‘Aisyah, bahwasanya dia bertanya kepada Rasulullah saw, ia berkata: “Jika aku menepati Lailatul Qadar, apa yang aku ucapkan?”. Rasulullah saw bersabda: “Ucapkan: Allāhumma innaka áfuwwun, tuhibbul áfwa fàfu ánni”.

(Hadits shahih diriwayatkan oleh Ahmad [25384], At-Tirmidzi [3513] dan An-Nasa-iy dalam As-Sunan al-Kubro [10708, 10709, 10710].

Kenapa do’a di atas yang perlu diperbanyak dan diulang-ulang?

Perlu diketahui, al-áfwu itu bisa berarti: Áfwun fil abdan, áfwun fil adyan dan áfwun min Ad-Dayyan.

1⃣ Áfwul Abdan, maksudnya adalah sembuhnya badan dari segala macam penyakit serta aman dan selamatnya dari berbagai bencana dan hal-hal yang tidak diinginkan.

2⃣ Áfwul Adyan, maksudnya adalah taufiq Allah SWT yang diberikan kepadamu agar kamu dapat menjalankan segala kebaikan, ibadah dana mal-amal ukhrawi.

3⃣ Áfwun min Ad-Dayyan, maksudnya adalah pemaafan dan pengampunan dari Allah SWT kepada dirimu, sebab, Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pemaaf, Pengampun, Mulia dan Maha Pemberi segala kebaikan.

4⃣Secara bahasa, áfwun juga berarti tambahan dan banyak (melimpah), karenanya, dalam bahasa Arab dikatakan: ‘afwul mal, maksudnya adalah tambahan dan melimpahnya harta.

Dalam Q.S. Al-Baqarah: 219 disebutkan: yas-alūnaka mādza yunfiqūn? Qulil ‘afwu, maksudnya adalah: infaqkan harta yang berlebih dari nafkah pokok mu.

Dengan demikian, al-áfwu dalam do’a di atas, juga bisa dimaknai: semoga Allah SWT memberikan kepadamu apa yang kamu minta dan bahwa melebihi apa yang kamu minta.

Oleh karena itu, perbanyak ucapan:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat Pemberi áfwun, yang mencintai sifat áfwun, oleh karena itu, berikanlah áfwun itu kepada diriku.” (kl/pm)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm