Ramai-ramai ‘Begal’ Pinjol Ilegal

Pengakuan Korban Pinjol

Salah satu korban pinjol ilegal bernama Dedi (52) mengaku dirinya meminjam uang dari aplikasi pinjol ilegal sebesar Rp2,5 juta. Namun, dirinya ditagih hingga Rp104 juta.

“Minjem Rp2,5juta, ditagih Rp104 juta. Penagihannya melalui WA,” ujar Dedi ditemui di lokasi penggerebekan pinjol Tangerang.

Dedi mengatakan, dirinya pernah meminta penagih untuk datangi rumahnya langsung, lantaran alamatnya tertera jelas setelah melakukan pinjaman, namun pihak penagih tidak juga datang ke rumahnya.

“Saya suruh ke rumah saya kan ada tu alamatnya, tapi penagihnya tidak mau datang, nagih ya hanya lewat HP aja” ujarnya.

Tindakan kurang menyenangkan yang dilakukan oleh oknum penagih pinjaman online tersebut juga dialami Dedi, Dedi mengaku dirinya kerap diancam akan dilaporkan polisi, hingga dikirimi foto dan video porno.

“Nagihnya maksa, sampai saya dikirimi gambar tak senonoh dati 2019, sampai juga saya di ancam akan dilaporkan ke Polisi.” ujarnya.

Dengan adanya penggerebekan perusahaan pinjaman online yang kerap peras warga ini, Dedi mengaku lega, dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa yang selalu bikin resah masyarakat.

“Dengan adanya penggerebekan ini berharap biar semua kasus terkait pinjaman online ini dapat selesai,” ujarnya.

Bahkan, pihak Bareskrim Polri yang juga turut mengungkap beberapa kasus pinjol ilegal di beberapa daerah menyebutkan korban penagihan pinjol ilegal yang tak manusiawi dengan bunga yang cukup tinggi membuat korban stres, bahkan hingga bunuh diri.

“Alhamdulillah dari yang kami ungkap, itu nyangkut ke peristiwa yang di Wonogiri, Jawa Tengah. Mungkin sudah tahu ada ibu-ibu yang meninggal gantung diri,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim, Brigjen Helmy Santika di Gedung Bareskrim pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Seorang ibu yang dimaksud yaitu beinisial WI. Ia nekat bunuh diri karena terlilit utang, dan diduga tidak mampu melunasi utangnya. Kemudian, WI juga tidak mampu menghadapi teror dan ancaman dari pinjaman online tersebut.

Tiba-tiba, WI ditemukan meninggal dunia kondisi gantung diri di rumahnya Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah.