Resmi Jadi ‘Gubernur Indonesia’, Anies Baswedan Kalahkan Ridwan Kamil, Ini Kata Ganjar Pranowo

Eramuslim.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memenangkan pemilihan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Dalam pemilihan yang digelar di arena Munas di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa sore (26/11), Anies pesaingnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pemilihan hanya diikuti oleh 23 provinsi. Adapun 11 provinsi lainnya dinyatakan tidak bisa ikut memilih karena tidak dihadiri Gubernur atau Wakil Gubernur.

Dari 23 suara yang diperebutkan, Anies menggondol 13 suara. Sementara Ridwan mendapat 9 suara.

Satu suara memilih abstain.

Adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memilih absen itu. Usai pemilihan, Ganjar mengatakan, dirinya lebih suka kalau pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat.

“Masa urusan 23 orang enggak bisa musyawarah. Kita mesti kasih contoh. Siapa pun boleh. Kita baik dan ketawa-ketawa saja, toh. Kita nanti bekerja bersama-sama,” ujarnya.

Anies akan memimpin APPSI yang berdiri sejak Juni 2000 itu untuk periode 2019 hingga 2023.

Dalam sambutannya, dia mengatakan ada 10 program yang akan dikerjakan kepengurusannya. Salah satu program kuncil dan andalan adalah memberikan perhatian pada pembangunan pada provinsi yang berkarakter kepulauan.

Dalam hal ini, sambungnya, dia menerima masukan dari provinsi-provinsi di timur Indonesia agar ada perubahan variabel penghitungan alokasi pembangunan dari sebelumnya daratan minded, menjadi memberikan perhatian pada laut sebagai komponen penting di sebuah provinsi kelautan.

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum APPSI, Anies akan menyusun kepengurusan yang nanti akan dilantik Presiden Joko Widodo.  [rm]