Rezim Ini Banyak Berutang Tapi Masih Saja Ngaku Kekurangan Uang

jokowi
Ngaku masih banyak uang, tapi paling banyak berutang dan anehnya masih saja ngaku kekurangan dana. Betapa hebat rezim ini!

Eramuslim.com – Di masa pemerintahannya yang baru seumur jagung, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah mengumpulkan Rp 560 triliun utang luar negeri. Utang tersebut sama dengan dua kali lipat utang luar negeri yang dikumpulkan Soeharto selama 30 tahun memimpin, dan 1,5 kali utang luar negeri SBY dalam sepuluh tahun pemerintahannya. Ini sungguh-sungguh gila!

“Jadi, tahun ini yaitu pertama kali menerima utang Rp 560 triliun saja dalam satu tahun, dari Bank Dunia kemarin sudah mengumumkan. Ini pertama kali dalam sejarah Indonesia utang luar negeri pemerintah dalam bentuk valuta asing meningkat 80 persen, berarti Jokowi dalam satu tahun pemerintahan itu lebih dari dua kali utang Soeharto,” jelas Direktur Eksekutif Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng dalam diskusi bertema ‘Pasal 158 UU 8/2015 Membunuh Demokrasi, Halalkan Kecurangan Dan Korupsi’ di kawasan Matraman, Jakarta, Sabtu (26/12).

Namun begitu, Salamuddin mengaku heran dengan pemerintahan sekarang yang malah dikabarkan tengah mengalami kesulitan keuangan (cash flow). Meski sudah berhutang sedemikian besar.

“Karena itu pemerintah berusaha mencari dana segar dengan dalih pungutan dana ketahanan energi sebesar Rp 200 per liter untuk Premium dan Rp 300 per liter untuk bahan bakar minyak jenis Solar,” imbuhnya. Lantas, kemana saja larinya utang-utang yang meroket tersebut? Kasihan negeri ini dipimpin oleh rezim dagelan yang sama sekali tidak kompeten. (ts/RMOL)