Rezim Jokowi Akan Ngutang Lagi Sebanyak U$ 5 Miliar ke ADB dan U$ 11 ke Wolrd Bank

JokowiBlenyun-300x350Eramuslim.com – Inilah rezim penguasa di Indonesia yang kerjanya ngutang terus. Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofjan Wanandi, mengatakan jika pemerintah berniat utang US$ 5 miliar ke Bank Pembangunan Asia (ADB) dan U$ 11 Miliar ke World Bank.

“Saya pikir kami akan ambil. Semua yang jangka panjang, kami akan ambil,” ujar Sofjan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta (2/9).

Ini diluar kucuran utang ADB yang sebentar lagi akan mengucur sebesar  US$ 400 juta atau kurang lebih Rp 5,6 triliun. Utang yang ini merupakan komitmen lama yang disetujui ADB untuk membantu pengembangan sektor finansial, termasuk memperluas akses finansial untuk masyarakat miskin, kata Sofjan.

Sebelumnya, dalam Konferensi Asia-Afrika pada April lalu di Bandung, Presiden Joko dalam pidatonya mengatakan, pandangan yang menganggap persoalan ekonomi dunia hanya dapat diselesaikan Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan ADB adalah pandangan yang usang dan perlu dibuang. Lalu, pada 5 Agustus lalu di Istana Bogor, Jawa Barat, Joko mengatakan perekonomian Indonesia akan mulai meroket bulan September ini. Masih percaya omongan Jokowi? #Mikir! (tr)