RI-China Bikin Vaksin Corona, Segini Total Biayanya

Eramuslim.com -Berbagai negara berlomba-lomba mengembangkan vaksin virus Corona (COVID-19) tidak terkecuali Indonesia. Untuk mengembangkan vaksin ini melibatkan pihak internasional.

Bibit vaksin ditargetkan selesai pada awal 2021 mendatang, baru setelah itu diproduksi secara massal. Salah satu pengembang vaksin yang masuk dalam kolaborasi internasional tersebut adalah Bio Farma.

“Nanti Bio Farma akan berperan aktif terutama nanti untuk melakukan produksi dari vaksin itu sendiri,” ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (14/7/2020).

Menurut Honesti, bila bibit vaksin awal 2021 nanti sampai ke Bio Farma tepat waktu, maka bukan tidak mungkin kuartal III-2021 mendatang, Indonesia bisa memproduksi massal vaksin tersebut.

“Seandainya nanti bibit vaksinnya sudah diketemukan dan diserahkan kepada Bio Farma. Terkait roadmap, kita berharap vaksin yang berdasarkan strain virus Indonesia ini nanti bisa diproduksi sekitar kuartal III atau kuartal IV-2021,” ungkapnya.