RI Naik Kelas jadi Menengah Atas, RR: Ini Jebakan Bank Dunia, Bunga Pinjaman akan Ikut Naik

Eramuslim.com – Bank Dunia (World Bank) memberi peringkat baru kepada Indonesia pada Kamis (2/6/2020). Peringkat baru itu lantaran Indonesia diaggap sudah mampu naik kelas dari negara dengan pendapatan perkapita bruto atau Gross National Income (GNI) per kapita sebesar US$ 3.840 menjadi US$ 4.1050 per tahun pada akhir 2019.

Berdasarkan data itu, Bank Dunia menilai Indonesia tidak lagi masuk dalam daftar negara lower middle income atau negara miskin. Sejak 1 Juli 2020 Indonesia sudah masuk negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income) versi Bank Dunia.

Ekonom senior Rizal Ramli menilai pemberian peringkat itu adalah sebuah jebakan terhadap pemerintah Indonesia. “RI naik kelas, ini jebakan Bank Dunia,” ujar Mantan Menko Perekonomian pada era Presiden Gus Dur itu.

Seperti diketahui, Bank Dunia memberi klasifikasi negara berdasarkan GNI per capita dalam 4 kategori. Pertama negara dengan status low income country yakni dengan PDB per kapita kurang dari US$ 1.035 per tahun.

Kedua adalah lower middle income yakni dengan PDB per kapita per tahun antara US$ 1.036-US$ 4.045. Ketiga, upper middle income yakni dengan US$ 4.046-US$ 12.535 per tahun. Dan keempat atau tingkatan paling tinggi adalah high income country atau negara-negara maju dengan PDB per kapita di atas US$ 12.535 per tahun.