Ribka ‘Mbalelo’ ke Jokowi, Rocky Gerung: Artinya PDIP Tidak Sepenuhnya Percaya Vaksin

Eramuslim.com – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Ribja Tjiptaning baru-baru ini dengan tegas menolak untuk disuntik vaksin Covid-19. Pernyataan itu bertentangan dengan sikap Presiden Jokowi yang disuntik vaksin Sinovac hari ini, Rabu (13/1/2021).

Penolakan Ribka Tjiptaning atas vaksin Covid-19 tersebut menuai komentar dari berbagai kalangan, salah satunya pengamat politik Rocky Gerung.

Rocky Gerung mengatakan, masuk akal apabila Ribka mbalelo atau membangkan keputusan Presiden Jokowi. Pasalnya, menurut dia efektivitas vaksin Sinovac masih perlu dipertanyakan lagi.

Pernyataan tersebut disampaikan Rocky Gerung lewat video berjudul “RIBUT-RIBUT VAKSIN PDIP MBALELO KE JOKOWI” yang diunggah di kanal YouTube miliknya, Rabu (13/1/2021).

Rocky Gerung awalnya mempertanyakan koordinasi antara Jokowi dengan partai yang mengusungnya yakni PDIP. Sebab, pertentangan Ribka secara tidak langsung menurut dia merupakan penolakan PDIP terhadap kebijakan pemerintah.

“PDIP yang seharusnya mendukung vaksinasi malah menolak. Ya saya baca itu sebagai penolakan terhadap kebijakan pemerintah. Itu menandakan ada perlawanan dari dalam. Itu mendadakan 2 hal, yang bersangkutan (Ribka) mengerti tentang prosedur, atau ini ada soal lain, ada persaingan jabatan,” terang Rocky Gerung.

“Ribka masuk akal (kalau) mbalelo (menentang) ke Jokowi, artinya PDIP memang tidak sepenuhnya percaya pada vaksin. Sekali lagi kalau partai Ibu Mega menolak, berarti Ibu Mega kurang sreg,” sambungnya.