Rizal Ramli Cemas Akan Terjadi Perubahan Kekuasaan Sebelum 2019

Eramuslim.com -Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Rizal Ramli mengaku khawatir akan terjadi perubahan kekuasaan yang lebih cepat di Indonesia sebelum pemilu tahun 2019.

“Kami khawatir jangan-jangan bisa terjadi perubahaan sesuatu yang lebih cepat sebelum tahun 2019 dari perubahan yang terjadi tahun 1998,” kata Rizal di Gedung Joeang 45, Jakarta, Senin (21/5).

Hal itu diungkapkan mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) ini karena melihat situasi Tanah Air saat ini. Menurutnya sekarang terdapat kesamaan gejala krisis yang terjadi pada 20 tahun lalu.

Rizal mengatakan perubahan kekuasaan yang terjadi pada akhir era Orde Baru itu dipicu oleh krisis kepercayaan, ekonomi, pangan, dan moneter pada saat bersamaan.

Gejala krisis itu sudah terlihat saat ini dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang mencapai Rp14.190 dan beberapa gejala krisis ekonomi lainnya.

“Kalau kita tidak hati-hati hari ini mulai ada krisis kepercayaan ada krisis ekonomi mulai ada gejala awal krisis moneter dan kalau tidak hati-hati ada keresahan juga dari berbagai kelompok yang merasa tidak aman dan nyaman,” tutur Rizal.

Hal itu, kata Rizal, akan sulit dihindari apabila pemerintah terus menerus salah langkah dalam menentukan kebijakan. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat berujung kepada sikap antipati dan hilangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yang berkuasa saat ini.

“Tapi kadang-kadang ada hal-hal yang susah dihindari karena banyak sekali blunder, banyak sekali salah langkah yang menimbulkan antipati dan membuat suasana makin sulit, dan kebijakan moneter dan juga ekonomi yang slide down itu bisa menimbulkan masalah-masalah yang di luar dugaan,” katanya.

Kendati demikian, ia berharap reformasi 20 tahun silam tidak perlu terjadi. Hal itu karena seluruh masyarakat ingin pergantian kekuasaan berjalan sesuai dengan aturan.

“Kita tidak ingin itu terjadi karena kita ingin mengikuti jadwal dan agenda pemilihan yang demokratis,” terangnya.

Reformasi Indonesia dan Anwar Ibrahim

Rizal Ramli juga menyinggung politikus dan pejuang reformasi Malaysia Anwar Ibrahim belajar dari reformasi di Indonesia 20 tahun silam.