Rizal Ramli: Investasi China di Indonesia hanya Bermanfaat Sedikit bagi Rakyat RI

Eramuslim.com – Tokoh nasional yang juga  Begawan Ekonomi Rizal Ramli menilai bahwa investasi Tiongkok atau China (Cina) di Indonesia tidak akan memberikan dampak dan manfaat bagi rakyat Indonesia.  Untuk sebagian,karena posisi negosiasi RI lemah, berbeda dengan  PM Mahathir Malaysia

Pasalnya lagi, menurut RR, sapaan khas Rizal Ramli investasi Tiongkok telah menyedot hampir semua lini nilai tambah investasi di Indonesia. Hal itu terjadi baik dari hulu hingga hilir investasi bisnis.

“Sehingga manfaatnya tidak ada buat rakyat Indonesia. Yang ada investasi Tiongkok bertujuan untuk membangunan perusahaan Tiongkok di Indonesia,” ujar RR dalam sebuah video yang dikutip oleh redaksi, Kamis, (16/1/2020).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian ini melanjutkan agresifnya Tiongkok dalam berinvestasi di Indonesia lantaran saat ini di negara pimpinan XI Jinping ini ada total pengangguran sekitar 300 sampe 400 juta orang.

“Dan itu harus disalurkan ke proyek Tiongkok di Indonesia,” tegas RR.

RR melanjutkan kondisi tersebut diperburuk dengan dipermudahnya investasi di Tiongkok oleh Menteri Keuangan terbalik Sri Mulyani.