Rizal Ramli: Isu Islam Radikal Sengaja Dihembuskan untuk Tutupi Kemesraan Jokowi-China

Eramuslim.com – Tokoh nasional, Rizal Ramli mengingatkan bahwa Indonesia tengah berada dalam kepungan perubahan geopolitik dengan aktor yang berkompetisi yaitu Amerika Serikat dan China.

“Apapun hari ini ada kompetisi yang luar biasa antara Amerika dan China,” kata Rizal Ramli yang juga mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu dalam sebuah video yang diunggah kanal Youtube Bang Edy Channel, pada Rabu (5/5/2021).

Dalam perebutan kekuasaan di mata dunia, dua negara yang tengah menguasai pasar ekonomi global itu, menurut Rizal Ramli, sudah pasti berebut hubungan strategis secara dominan dengan Indonesia.

“Dalam konteks itu Indonesia menjadi sangat penting. Karena kita ini kan rajanya Asia Tenggara,” tukas mantan Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

Pada zaman Presiden RI pertama, Soekarno, Rizal Ramli memaparkan satu contoh hubungan baik Indonesia dengan Amerika Serikat, meskipun di satu sisi pemerintah Soekarno kala itu juga menjaga hubungan baik dengan Uni Soviet.

Pada tahun 1950-1960, kondisi politik Indonesia tengah berkecamuk kembali, karena Belanda berusaha agar Irian Barat tetap menjadi wilayah jajahannya. Namun, kata Rizal Ramli, Indonesia berusaha agar Irian Barat (sekarang Papua), kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.