Rizal Ramli: Pemburu Rente Negeri Ini Dalang Indonesia Pengimpor Gula Terbesar Dunia

Eramuslim.com – Prestasi Indonesia menjadi pengimpor gula terbesar di dunia menjelang pemilihan umum tahun ini mengundang tanya pengamat politik Hendri Satrio.

Prestasi buruk itu diungkap ekonom Faisal Basri. Melalui cuitannya di Twitter, Faisal menunjukkan data negara-negara pengimpor gula utama dunia sepanjang 2017 dan 2018.

Tercatat Indonesia duduk di urutan pertama dengan mengimpor sekitar 4,45 juta metrik ton gula selama periode tersebut. Volume ini melebihi impor gula China sebesar 4,2 juta metrik ton dan AS yang mencapai 3,11 juta metrik ton.

“Praktek rente gila-gilaan seperti ini berkontribusi memperburuk defisit perdagangan,” tulis Faisal Basri.

Hendri Satrio mengatakan impor menjelang pemilu tidak bagus untuk Jokowi. Impor bisa menjadi peluru untuk lawan menyerang petahana.

“Saya yakin 01 paham ini, tapi mengapa tetap impor?” tulis Hendri Satrio di akun Twitternya, @satriohendri, sambil meneruskan pertanyaan tersebut kepada ekonom senior yang juga mantan Menko Maritim Rizal Ramli.

Rizal memberi jawaban. Menurut RR, demikian Rizal Ramli disapa, kondisi tersebut akibat menteri yang diangkat Jokowi doyan melakukan impor.

“Mas @jokowi pada awalnya bagus sekali, visi Trisakti. Tapi kemudian angkat mentri2 yg dasarnya anti-Trisakti. Pidato bolak-balik ttg kedaulatan pangan, tapi angkat mentri doyan impor pemburu rente. Menyerah thd tekanan partai2. Conflict-of-interest,” kicau RR di @RamliRizal.(kl/rmol)