RSPAD Gatot Subroto Menerima Belasan Calon Menteri

Jakarta—Sudah tiga hari ini, RSPAD Gatot Subroto menerima rombongan calon menteri yang akan menjalani tes kesehatan. Sudah ada sekitar 16 calon menteri yang menjalani tes kesehatan tersebut. Tes kesehatan ini meliputi tes kesehatan jiwa, mata, THT, syaraf, jantung, spesialis paru-paru, ginjal, kebidanan, gigi dan mulut, dan lainnya. Keenam belas calon menteri tersebut sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di kediaman Presiden SBY di Cikeas pada Sabtu (17/10/09) dan Ahad (18/10/09) lalu.

Keenam belas calon menteri yang telah mendatangi RSPAD Gatot Subroto adalah Patrialis Akbar (calon Menkum HAM), Djoko Kirmanto (calon Menteri PU), EE Mangindaan (calon Men PAN), Zulkifli Hasan (calon Menhut), Linda Agum Gumelar (calon Menteri Pemberdayaan Perempuan), Mustafa Abubakar (calon Menneg BUMN), Nila Djuwita Moelek (calon Menkes), Gusti Muhamad Matta (calon Menneg LH), Soharso Monoarfa (calon Menpera), MS Hidayat (calon Menteri Perindustrian), Darwin Shaleh (calon Menteri ESDM), Suharna Suryapranata (calon Menristek), Gita Wirjawan (calon Kepala BKPM), Faisal Helmy Zaini (calon Menteri PDT), Hatta Radjasa (calon Menko Perekonomian) dan Andi Mallarangeng (calon Menteri Negara Pemuda dan Olahraga).Para calon menteri tersebut akan menjalani pemeriksaan selama 5 hingga 6 jam.

Sementara itu, Presiden SBY masih memanggil beberapa calon menteri ke kediamannya. Hari ini (Senin, 19/10/09) giliran Marty Natalegawa dan Purnomo Yusgiantoro yang menghadap presiden. Mereka berdua digadang akan menjadi Menteri Luar Negeri dan Menteri ESDM. Beberapa nama lain juga telah menjalani fit and proper test yang digelar presiden. Mereka adalah Djoko Suyanto, Hatta Radjasa, Agung Laksono, Sudi Silalahi, Gamawan Fauzi, Sri Mulyani, Muhammad Nuh, Suryadharma Ali, Mari Elka Pangestu, Syarif Hassan, Tifatul Sembiring, Sutanto, Salim Assegaf Al-Jufri, Jero Wacik, Muhaimin Iskandar serta Andi Mallarangeng.

Para menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II rencananya akan dilantik sehari setelah pelantikan presiden yang akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2009. (Ind)