Rumah DP Rp 0 Anies Bukti Keberpihakan Pemimpin Kepada Rakyat Kecil

Eramuslim – Akhirnya salah satu janji kampanye Anies Baswaden-Sandiaga Uno yang paling ditunggu-tunggu saat Kampanye Pilkada Jakarta 2017, yaitu mewujudkan affordable housing (hunian yang terjangkau) sebagai salah satu kebutuhan pokok warga Jakarta lewat Program DP Nol Rupiah terealisasi.

Walau program ini sempat dicemooh bahkan dianggap mustahil oleh orang awam, politisi, bahkan pengamat, tetapi karena kuatnya keberpihakan kepada warga Jakarta yang punya mimpi mempunyai rumah di atas lahan ibukota, program Rumah DP Nol Rupiah yang dianggap tidak mungkin ini bisa direalisasikan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis memukul beduk sebagai tanda peluncuran rumah DP Rp 0 di Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018). – TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana

“Bagi pemimpin yang berpihak, tidak ada yang tak mungkin. Makanya yang paling penting bagi seorang pemimpin adalah keberpihakan. Kalau sudah berpihak maka akan terbuka jalan untuk menepati janji. Rumah DP Nol Rupiah adalah contoh kekuatan keberpihakan pimimpin kepada warganya,” ujar Anggota DPD RI Fahira Idris, di sela-sela kunjungan kerja DPD RI di Denpasar, Bali, Senin (15/10).

Fahira mengungkapkan, memang jika ditinjau dari pembiayaan properti dan regulasi sangat besar tantangan bagi warga DKI Jakarta yang bergaji Rp4 juta rupiah untuk mempunyai rumah sendiri apalagi lokasinya di Jakarta. Itulah kenapa banyak warga Jakarta yang pindah ke berbagai daerah penyangga (Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor) agar bisa mempunyai rumah. Walau masih harus kesulitan memenuhi uang muka yang biasanya berkisar 20 sampai 30 persen dari nilai properti. Untuk uang muka ini mereka harus menabung bertahun-tahun.