Saksi Ungkap Juliari Sendiri Yang Arahkan Pemotongan Dana Bansos

Eramuslim.com – Mantan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kementerian Sosial (Kemensos) Adi Wahyono mengungkapkan menerima arahan pemotongan Rp 10 ribu perpaket bantuan sosial (bansos) dari mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara. Hal ini dilontarkan Adi saat bersaksi untuk terdakwa Juliari Peter Batubara.

Adi menyampaikan, permintaan pemotongan Rp 10 ribu itu mulanya datang dari staf khusus Mensos Juliari Peter Batubara, Kukuh Ariwibowo. Selain itu, arahan pemotongan Rp 10 ribu juga tertuju pada mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso.

“Pola perintah itu (pemotongan Rp 10 ribu) ada dari Kukuh ke saya kemudian ke Joko, kemudian ada juga dari beliau (Mensos Juliari Batubara) ke saya dan Kukuh. Karena saya sering dipanggil beliau dan Kukuh. Kemudian ada juga Kukuh dateng ke ruangan saya diberi tahu untuk menyampaikan laporan berapa yang sudah masuk dan berapa yang sudah keluar kepada beliu, untuk putaran satu sebelum berakhir,” kata Adi saat bersaksi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (31/5).

Mendengar keterangan Adi di persidangan, lantas jaksa penuntut umum (JPU) Muhammad Nur Azis mencecarnya terkait perintah pemotongan Rp 10 ribu perpaket bansos.